Robotino, si robot cerdas!

Share

Robotino adalah sistem robot yang dibuat oleh Festo Didaktik, dan digunakan untuk tujuan pendidikan, pelatihan dan penelitian

robotino

Robotino

Robotino didasarkan pada omnidirectional, yang memungkinkan sistem untuk bergerak dengan bebas. Robot ini dikontrol oleh computer yang akan mengontrol gerakan secara otonom. Melalui komunikasi wireless lan, Robotino dapat mengirim semua pembacaan sensor ke computer atau laptop. Di arah lain, perintah kontrol dapat dikeluarkan oleh computer atau laptop. Dengan cara ini, program pengendalian dapat dijalankan dari computer/laptop atau langsung dari Robotino. Mode campuran atau kontrol bersama juga mungkin.

Untuk pengguna dengan pengetahuan robotika yang masih sedikit, Robotino dapat dengan mudah diprogram pada RobotinoView I atau II. Programmer yang lebih berpengalaman juga mungkin dapat memprogram robotino dengan bahasa pemrograman C, C + +, Java,. NET, Matlab, Simulink, Labview dan Microsoft Robotics Developer Studio.

Robotino view 2

Robotino view 2

Robotino view 2 programming area

Robotino view 2 programming area

Penggerak omnidirectional terdiri dari tiga roda Mecanum, yang semuanya dikontrol secara individu. Roda ini diatur pada sudut 120 °. Robotino memiliki sensor bumper di sekitar lingkar robot, sensor jarak inframerah, kamera warna dengan resolusi VGA, encoders roda optik, pengukuran daya untuk seluruh sistem dan berbagai motor, serta monitor tegangan baterai. Selain itu, sebagai sensor tambahan opsional, Robotino dapat dilengkapi dengan scanner laser yang tepat, giroskop, dan positioning system dalam ruangan (diciptakan oleh Robotika Evolution). Untuk sinyal input dan output Robotino memiliki beberapa antarmuka:

USB
Ethernet
8 digital dan 8 input analog
8 digital output
motorik tambahan output untuk mengemudi beban tinggi
tambahan masukan encoder

Power disuplai oleh dua baterai timbal-asam 12V/5Ah atau opsional oleh dua baterai NiMH 12V/9Ah.

Sumber : http://en.m.wikipedia.org

Share :

Untuk mengoperasikan ROBOTINO sebenarnya tidaklah terlalu sulit seperti  yang dibayangkan, hanya butuh logika pemrograman yang matang ditambah dengan ketelitian dan kesabaran. Sebuah pengalaman yang saya dapat sebagai pembimbing pada lomba LKS Jawa timur bahwa dalam sebuah pertandingan Robotic sangat dipengaruhi dengan factor X. Kesalahan sedikit yang dilakukan peserta sangatlah berpengaruh terhadap hasil akhir. Faktor X tersebut bisa diebabkan oleh kesalahan peserta (Human error), kesalahan teknik (technical error) dan kesalahan non tehnik yaitu kematangan strategi, kesiapan mental peserta, dna kerjasama tim juga sangat diperlukan.

Robot cerdas ini dalam decade belakangan ini dipakai terus dalam Pertandingan Word Skill

Kendala untuk mempelajari robotino mungkin dari segi harga yang mencapai hampir 160 juta

by : -dfr-

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">

Translate »