Struktur Kontrol Percabangan PHP

Share

Struktur kontrol merupakan pengatur aliran program, mempunyai rangkaian perintah yang harus ditulis untuk memenuhi beberapa keadaan, yaitu :
• Mengulang suatu perintah jika terpenuhi suatu kondisi.
• Melanjutkan sebuah pernyataan bila kondisi terpenuhi.
• Memilih sebuah pilihan dari beberapa alternatif bila kondisi terpenuhi.
Struktur kontrol dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu struktur kontrol percabangan (pengambilan keputusan) dan struktur kontrol pengulangan (looping).

Struktur Kontrol Percabangan
Percabangan, atau sering disebut juga dengan istilah decision-making, memungkinkan aplikasi untuk memeriksa isi suatu variabel atau hasil perhitungan ekspresi dan mengambil tindakan yang sesuai.
Ada dua jenis percabangan, dipilih berdasarkan kriteria pemeriksaan dan jumlah pilihan yang tersedia. Perintah percabangan yang dapat digunakan dalam PHP yaitu if, if – else, if – elseif – else dan switch – case.

1. Pernyataan if
Perintah if digunakan untuk menjalankan satu atau lebih perintah berdasarkan suatu kondisi. Sintaks penulisan perintah if adalah sebagai berikut :

Pada bentuk ini, bagian pernyataan akan dijalankan hanya kalau bagian kondisi bernilai benar. Berikut ini adalah contoh penggunaan struktur kontrol if :

Latihan 1:
Buatlah script untuk menentukan jenis kelamin. Jika nilainya = M maka Sex = LAKI-LAKI. Simpanlah dengan nama Latihan1.php
2. Pernyataan if-else
Perintah if…else digunakan untuk memilih salah satu pernyataan berdasarkan suatu kondisi. Perintah ini akan menjalankan pernyataan tertentu bila kondisi bernilai benar dan akan menjalankan pernyataan yang lain jika kondisi bernilai salah. Sintaks penulisannya adalah sebagai berikut :

Pada bentuk ini pernyataan_1 dijalankan kalau kalau kondisi bernilai benar, dan pernyataan_2 dijalankan apablila kondisi bernilai salah. Contoh penggunaan pernyataan if…else, sebagai berikut :

Latihan 2:
Buatlah sebuah script untuk menentukan jenis kelamin. Jika nilainya = M maka Sex = LAKI-LAKI, selain itu Sex = WANITA. Simpanlah dengan nama latihan2.php

3. Pernyataan if-elseif
Perintah if…elseif digunakan untuk menjalankan suatu pernyataan dengan melibatkan lebih dari satu kondisi. Sintaks penulisannya sebagai berikut :

Pada bentuk ini pernyataan_1 dijalankan kalau kalau kondisi_1 bernilai benar, dan pernyataan_2 dijalankan apabila kondisi_2 bernilai benar. Sedangkan pernyataan_3 akan dijalankan apabila kondisi_1 dan kondisi_2 bernilai salah. Contoh program yang menggunaan perintah if…elseif adalah sebagai berikut :

Latihan 3:
Buatlah script untuk menentukan kelulusan seorang siswa terhadap pelajaran PWD dengan kisaran nilai : > 70 nilainya “A”, >= 50 nilainya “B”, >=30 nilainya “C”, >= 10 nilainya “D”, selain itu pesannya tidak Lulus. Simpanlah dengan nama Latihan3.php

4. Pernyataan Switch
Perintah switch digunakan sebagai alternatif pengganti dari perintah if…elseif. Dengan perintah ini program percabangan akan lebih mudah dibuat dan dipelajari. Sintaks penulisan perintah switch adalah sebagai berikut :

Perintah switch akan menyeleksi kondisi yang diberikan dan membandingkan hasilnya dengan konstanta-konstanta yang berada pada case. Pembandingan akan dimulai dari konstanta_1 sampai konstanta terakhir. Jika hasil dari kondisi sama dengan nilai konstanta tertentu, maka pernyataan pada konstanta tersebut akan dijalankan sampai ditemukan pernyataan break. Jika hasil dari kondisi tidak ada yang sama dengan konstanta-konstanta yang diberikan, maka pernyataan pada default yang akan dijalankan. Berikut ini contoh penggunaan struktur kontrol dengan perintah switch :

Latihan 4:
Buatlah script untuk menentukan kelulusan dengan menggunakan switch. Lalu simpan dengan nama file Latihan4.php

– dfr -

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">

Translate »