Apa itu Gradle ? Secara fungsionalnya gradle adalah sebuah build tools yang disematkan pada apliaksi Android Studio, dimana fungsi utamanya adalah sebagai media untuk mencompile atau menjalankan project aplikasi yang sedang kalian kerjakan , dan mengacu berdasarkan konfigurasi yang berada di bagian Gradle Script.

Sementara itu, Android Plugin untuk Gradle bisa berjalan secara bebas di Android Studio tanpa harus mempunyai syarat tertentu. Hal ini dapat diartikan, bahwa kalian bisa melakukan build Aplikasi Android di dalam Android Studio, serta kalian juga dapat membuild lewat Command Line dengan memanfaatkan fitur Gradle.

Penjelasan Gradle Di Android Studio
Ketika kalian sedang mengerjakan project Aplikasi Android, tentunya kalian akan melihat suatu bagian disebelah kiri layar monitor kalian dan terletak pada struktur project Android, bagian itulah yang disebut dengan Gradle Script , untuk lebih memahaminya silahkan kalian perhatikan ilustrasi gambar dibawah ini

Perlu kalian garis bawahi, bahwa banyak sekali masalah yang akan dihadapi oleh para developer ketika mereka tengah mengerjakan project androidnya, dan hal ini banyak disebabkan karena konfigruasi yang dilakukan pada file di Gradle banyak yang tidak berhasil.

Fungsi – Fungsi Yang Terdapat Pada Gradle Android Studio
1. Build.gradle (Module :app)
Seperti yang bisa kalian lihat pada file dibawah ini, bahwasannya file tersebut merupakan konfigurasi file app level , yang disematkan pada code apply dengan tujuan untuk menambahkan plugin Android ke dalam build sistem. Pada block code dependencies terdapat tiga baris code. diantaranya adalah :

  • File tree dependency , yang mana baris pertama ini mempunyai maksud bahwa semua file dengan extension .jar , di dalam lib folder akan dilakukan proses compile.
  • Pada baris kedua menunjukan bahwa Gradle menambahkan appcompat-v7 jar versi 24.2.1 dari Android Support Library.
  • Baris ketiga menunjukan bahwa Gradle mendownload Junit versi 4.12, yang mana fungsi code testCompile tersebut akan menyediakan class-class di dalam app/src/androidTest/Java , dan juga src/test/java pada struktur project, yang akan kita gunakan untuk unit test.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *